Browser Collections

Search

Kamis, 01 April 2010

Komparasi 5 Browser


Beberapa waktu lalu, saat saya menulis tentang beberapa tips dan trik pengoptimalan penggunaan firefox, disini, disini, dan disini, ada teman yang berkomentar "bagaimana jika dibandingkan dengan Google Chrome?". Saya pikir memang penting untuk kita ketahui, khususnya bagi anda yang maniak browsing, fitur - fitur yang dimiliki oleh sebuah browser.

Nah, kali ini saya akan menulis beberapa fitur yang ada pada browser Firefox dan Chrome, lebih tepatnya, perbandingan fitur - fitur antara keduanya.

Mozilla Firefox, memang merupakan browser yang tidak diragukan lagi jumlah pemakainya. Nah, bagi anda pengguna internet, pasti sudah mengetahui bahwa Google telah merilis product barunya berupa sebuah Browser yang dinamakan Google Chrome. Nah berikut adalah fitur - fitur Chrome yang "mungkin" perlu anda ketahui. Pengalaman saya, melihat teman - teman saya yang menggunakan Browser asal. Mereka tidak menyesuaikan penggunaan browser dengan kebutuhan mereka. So, i think i have to write this eventhough it's late already. But it's better late than never.

Sa', Iku a yo . .. hehhehe tiru Naruto ni . .

Browser TERCEPAT
================
Setelah diadakan "Browser Duel", adu browser yang dilakukan oleh John Brandon dari situs Extremetech melalui berbagai metode pengukuran, didapatkan bahwa dari semua browser beken seperti Internet Explorer 7, Mozilla FireFox 3, Opera, maupun Safari milik Apple, ternyata Chrome lebih cepat. Selain mengukur kecepatan, penelitian tersebut juga menganalisa bagaimana tiap browser menangani konten flash, javascript, serta kompatibiiltas coding.

Pengukuran tersebut menguji tiap browser berselancar ke situs-situs yang memiliki rich-content, seperti BBC, YouTube, Gamspot, Zoho Writer, dan Fark.com.

Untuk memuat halaman BBC, misalnya, Chrome hanya membutuhkan 9 detik, ketimbang Firefox dan IE7 yang butuh 16 detik. Sementara halaman YouTube dapat ditampilkan hanya dalam 5 detik oleh Chrome, lebih cepat dari Firefox (6 detik), IE7 (7 detik), maupun Opera dan Safari.

1 Tab 1 Process
================
Tentunya Google tidak akan mengurangi fitur yang dianggap sangat penting untuk pengguna seperti multitabbed. Ya, Chrome juga mendukung multitabbed seperti yang ada di browser - browser lainnya seperti Opera, IE, Firefox. Tapi jangan salah, Chrome tidak hanya sekedar Copas, Google sarat akan inovasi. Nah, meskipun Chrome juga mendukung multitabbed, namun tidak seperti multitabbed pada browser yang lain, padad chrome, setiap tab yang dibuka mempunyai alokasi memori tersendiri. Dengan kata lain, 1 tab, 1 process.

Hal ini dilakukan dengan alasan bahwa ketika user membuka situs - situs yang berat seperti Youtube, Google Docs, Yahoo! mail yang baru, dibutuhkan kinerja extra dari browser.

Nah, karena setiap tab untuk 1 process maka browser akan lebih stabil karena tidak akan ada perebutan alokasi memori yang dipakai. Jadi jika satu tab mengalami error, maka yang lainnya, tidak terpengaruh. However, karena sifatnya yang demikian, Chrome akan banyak sekali memakai memory. Saran saya, jika anda sedang memakai Chrome, hindari pemakaian aplikasi yang lain secara berlebihan pada saat itu.

Desain user interface
===============
Masih ada hubungan dengan 1 tab 1 process. Karena procesnya adalah 1 tab 1 process maka lokasi tab berada diatas lokasi address bar yang lain seperti seperti menu bar dan navigation button, sehingga setiap tab pastinya memiliki kontrol panelnya masing - masing. Memang Google selalu menyediakan product yang "simple" tapi "elegan". Nah, selain itu, status bar yang biasanya mengganggu itu (Browser lain) ketika disorot mouse, akan disappear. Jadi jika anda memiliki credit di bawah halaman situs anda, bia nampak. 1 lagi, ketika anda menggunakan mode maximze, maka akan kelihatan seperti fullscreen mode.

Nah, yang banyak diunggulkan oleh kaum intelek adalah "Omnibox". Apa itu? Sebenarnya omnibox itu hanyalah sebuah istilah, tapi bukan sekedar istilah. Omnibox adalah adress bar pada Chrome yang ternyata juga berfungsi sebagai Search Engine. 1 lagi (aduh ga ada abiznya ne) Chrome juga mendukung fitur autocompletion dengan metode inline. Artinya, kata yang paling sesuai akan diletakkan disamping (saat anda mengetiknya pada omnibox) dan yang alternative diletakkan dibawah. (Klo di Firefox sih, semua alternative diletakkan di bawah)

Javascript engine terbaru
==================
Chrome menggunakan javascript v8 dan Webkit. Webkit adalah javascript buatan Apple yang sederhana tapi sangat cepat dalam memroses. Selain itu, Google juga membuat javascript virtual machine yang membantu dalam manajemen proses rendering javascript seperti pengaturan memory, garbage collector. Untuk mempercepat proses render javascript, google menggunakan memory OS. Lainnya, Google Chrome juga menyediakan debugger untuk javascript yang sangat penting bagi para programmer dan web desainer.

Task Manajer
==========
Ini bener - bener adalah inovasi dari Google, karena selain Chrome tidak ada browser yang memiliki Task manajer. Hal ini tentu saja karena adanya fitur 1 tab 1 process.

Security and Privacy
===============
Chrome bener - bener mengerti clientnya. Nah bagi anda yang suka ehm ehm ehm pada saat surfing, Chrome melayani anda sepenuh hari. Dengan alasan kenyamanan pengguna, google menyediakan mode khusus untuk privasi yang disebut dengan incognito window. Dengan Incognito window tersebut, Chrome tidak akan meninggalkan hal - hal yang bersifat privasi dan sensitif, seperti: cookies, user dan password, history (kecuali Anda membookmarknya). Jadi dengan menggunakan mode penyamaran (incognito window) tersebut, anda tidak perlu khawatir ketika Anda lupa logout dari suatu situs. Tentu saja jika anda tidak lupa menutup chrome dengan mode ignito.

Selain untuk kenyamanan dan kepuasan, Chrome juga melayangkan masalah malware yang berdatangan dari web, Google Chrome menggunakan metode seperti kebanyakan anti virus, yaitu metode sand box, dimana Google Chrome memberikan layer/lapisan terhadap aplikasi web yang berjalan pada Google Chrome sebelum mengakses sistem operasinya.

Jadi ketika ada trojan yang berusaha menyusup dan ingin menginstall diri ke komputer Anda, hal itu akan susah terjadi, karena trojan itu hanya berada di sandbox Google Chrome dan sekali lagi kembali ke konsep 1 tab 1 process. Saat anda menutup tab dimana trojan menyusup maka trojan tersebut akan lenyap. Masalah phising (password harvest fhising) yang menggunakan social enginering (pendekatan aspek sosial manusia) merupakan hal yang susah untuk ditangani. Untuk itu, Google Chrome menggunakan metode black list. Setiap saat pihak google akan mengupdate daftar situs yang mengandung malware dan phising. Dan ketika Anda membuka halaman yang mengandung phising, malware dan sejenisnya, Anda akan diberi peringatan.

Eh, fitur - fitur ini ada juga kok di Mozilla, Add-ons, tapi yah sekali lagi, Google tetep lebih unggul.

Open Source
=========
Ya, setiap orang bisa mendowload secara gratis browser yang satu ini, bahkan Google juga mengizinkan membuat Chrome versi mereka yang mau membuatnya tentu saja dengan berdasar pada code Chrome dan memegang hak propietary dari karya mereka. Nantinya diharapkan dengan jalan seperti itu, Browser dimasa yang akan datang akan lebih innovatif.

Ganti Tema
=========
Anda juga bisa mengganti tema pada Chrome anda sesuai dengan kondisi dan situasi yang anda inginkan. Sebenarnya di Mozilla juga baru - baru menambahkan Add-on berupa Persona. Dibanding dengan tema Chrome, Firefox memiliki tema yang labih uniq dan menarik.

Speed Dial
========
Seperti di Opera, Chrome juga menyediakan semacam speed dial yang menampilkan situs-situs yang sering kita kunjungi setiap kita membuka tab baru atau kita baru membuka Chrome.

Nah, masih banyak sih fitur - fitur yang lainnya. tapi sampai disitu aja yah. Sekarang mari kita lihat fakta dibalik fitur tersebut.

Sebelum ataupun saat ini anda sudah menggunakan Chrome, anda perlu memperhatikan bebrapa hal berikut.

High-consumed Memory
==================
Yah, masih berhubungan dengan 1 tab 1 process. Karena setiap tab memiliki process tersendir dan alokasi memory tersendiri pula, maka Chrome akan sangat banyak menyedot pemakaian memory. Hal ini disebabkan penggunaan memory untuk tab satu denngan yang lainnya tidak bisa saling berhubungan tapi justru berdiri sendiri.

Zoom
====
Menggunakan zoom element bukan per elemen (juga pada Firefox) berbeda dengan Opera yang zoom page. Akibatnya ketika di zoom halaman akan hancur.

Add-ons
======
Chrome sama sekali belum memiliki Add-ons. Berbeda dengan firefox yang sudah memiliki ribuan bahkan udah sampai puluhan ribu add-ons sedangkan Opera memiliki banyak widget.

##### - - - - - - - - - - - - - #####

Nah, untuk firefox silahkan anda baca disini, disini, dan disini yah. Namun, saya rasa anda semua sudah sangat familiar dengan Firefox. Namun apapun pilihan anda, minumnya, eh hampir iklan gratis deh, maksudnya, apapun browser anda, harap sesuaikan dengan kondisi jaringan, PC anda dan kenyamanan anda. Good luck trying!

0 komentar:

Posting Komentar